Simak 6 Trik Sukses Budidaya Ikan Hiu Hias

Apakah Anda tertarik membudidayakan ikan hiu hias? Meskipun kelihatannya ganas, ternyata ikan hiu mampu juga lho dibudidayakan sebagai ikan hias. Malahan peminat ikan ini pun terbilang cukup banyak. Umumnya para penggemar ikan hiu hias berasal dari kalangan hobiis yang menginginkan koleksi unik dan lain daripada biasanya.

Apakah Anda tertarik membudidayakan ikan hiu hias Simak 6 Trik Sukses Budidaya Ikan Hiu Hias

Salam Mancing Mania Di bawah ini trik-trik yang dapat Anda lakukan untuk membudidayakan ikan hiu di akuarium!

Salam Mancing Mania 1. Persiapan Media Pemeliharaan

Media pemeliharaan yang digunakan kali ini berupa akuarium. Idealnya, akuarium yang dipakai memiliki dimensi yang berukuran minimal 180 x 70 x 70 cm. Selanjutnya, akuarium ini dipasangi peralatan aksesori akuarium menyerupai aerator dan filter.

Salam Mancing Mania 2. Pengisian Akuarium dengan Air

Akuarium cukup diisi dengan air tawar ber-pH normal mengingat ikan yang cocok dipelihara sebagai ikan hias merupakan ikan hiu air tawar. Kapasitas air yang diharapkan cukup memenuhi 3/4 dari total volume akuarium. Sebelum dituangkan ke akuarium, alangkah baiknya jikalau air tersebut didiamkan terlebih dahulu selama 24 jam semoga kotoran-kotorannya mengendap.

Salam Mancing Mania 3. Pengadaan Bibit Ikan Hiu

Bibit ikan hiu hias biasanya didatangkan dari Lampung dan Kepulauan Bangka. Harga bibit ini bervariasi tergantung ukuran, usia, dan keindahannya. Rata-rata harga bibit ikan hiu yang berukuran 50-60 cm dibandrol sekitar Rp 600 ribuan/ekor. Beda lagi jikalau Anda mengimpor bibit ikan hiu dari luar negeri, harganya mampu mencapai jutaan rupiah.

Salam Mancing Mania 4. Perilisan Ikan ke Akuarium

Sebelum dilepaskan ke akuarium, bibit ikan hiu yang telah Anda beli harus dikondisikan sedemikian rupa terlebih dahulu supaya dapat mengikuti keadaan dengan baik. Caranya yakni masukkan ikan hiu yang masih berada di kantong plastik ke akuarium selama 15-30 menit. Setelah itu, kubangi kantong plastik secukupnya sebagai jalur keluar ikan. Biarkan ikan hiu keluar sendiri dari kantong plastik. Setelah ikan tampak tenang, Anda mampu mengambil sisa kantong plastik tadi secara hati-hati.

Salam Mancing Mania 5. Pemeliharaan Air di Akuarium

Ikan hiu tidak terlalu membutuhkan air yang senantiasa dalam kondisi bersih. Malahan ikan ini hobi memakan lumut yang tumbuh di permukaan akuarium adegan dalam. Makara Anda boleh mengganti air akuarium setia 2-3 bulan sekali. Di samping itu, Anda perlu memastikan air di akuarium mempunyai arus yang tiga kali lebih berpengaruh daripada akuarium kebanyakan.

Salam Mancing Mania 6. Pemberian Pakan yang Tepat

Tak perlu resah dalam memilih pakan yang sempurna untuk akuarium. Sebab ikan karnivora ini umumnya doyan dengan segala macam daging. Sebagai makanan pokok, Anda mampu menunjukkan pakan berupa ikan mas anakan atau udang dengan frekuensi dua kali sehari. Agar tidak bosan, pakan tersebut mampu divariasikan dengan jenis daging-dagingan yang lain menyerupai pelet, cacing, jangkrik, daging ayam, dan katak.

Advertisements